Selasa, 05 April 2011

PI Bab 1

BAB I

PENDAHULUAN


      1.1 Latar Belakang :

Perkembangan Internet begitu pesat sehingga mempermudah seseorang untuk dapat mengakses berbagai macam informasi salah satunya adalah bidang Media massa. Begitu juga dengan system web majalah yang akan penulis buat, tujuannya untuk Sebagai media pelengkap untuk menyebarkan info-info terbaru jika berita tersebut jika berita tersebut muncul sebelum majalah tercetak.

Penulis disini membuat suatu web dengan latar belakang sebuah majalah yang baru terbit. Karena majalah ini baru terbit dan membutuhkan sarana promosi ke para pembaca yang masih haus akan informasi baru yang mungkin tidak dapat diterbitkan secara penuh dalam setiap edisi. Ditambah lagi siklus penerbitan media ini yang terbit setiap dua bulan sekali menjadikan website yang akan penulis buat menjadi pendukung dan penunjang informasi yang akan dsampaikan oleh media ini kepada publik. Adapun isi dari web ini adalah Profil Majalah, Review, Komunitas, Staff Editor dan kontributor, Galery Photo, Fasilitas & Kegiatan, Berita, Guest Book, Contact Us, Weblinks.

Tentunya dengan adanya web ini diharapkan lebih membantu dari pihak majalah untuk mempromosikan dan mempublikasikan setiap edisi majahnya tersebut.

Untuk itu penulis mencoba membuat program aplikasi web sekolah dengan menggunakan Code Igniter yaitu web berbasis Framework dan bersifat opensource yang berarti kode sumber aplikasi yang dapat diakses, dilihat, dan dimodifikasi oleh umum sesuai dengan aturan yang ditentukan.

Selain itu, software penunjang lainnya adalah Dreamweaver mx 2004 yang digunakan untuk mendesain tampilan web yang diinginkan. Kemudian sebagai databasenya digunakan PHPMyAdmin yang memiliki kelebihan untuk dapat membuat database, membuat tabel, mengisi data, dan lain-lain dengan mudah, tanpa harus menghafal baris perintahnya. Dan menggunakan software Gimp 2.6 untuk mempercantik tampilan web.


1.2 Batasan Masalah :

Sesuai penjelasan pada latar belakang maka aplikasi yang dibuat akan difokuskan pada pembuatan web dan databasenya. Web Database ini menggunakan Code Igniter, Gimp 2.6, dan phpMyAdmin.


1.3 Tujuan Penulisan :

Tujuan penulisan adalah untuk sebagai media pelengkap untuk menyebarkan info-info terbaru jika berita tersebut jika berita tersebut muncul sebelum majalah tercetak. Adapun maksud dari penulisan ini adalah untuk membantu pihak majalah untuk menyampaikan informasi nya kepada para pembaca yang haus akan informasi. Dan juga menerapkan teknologi Web sebagai sarana penyampaian informasinya.


1.4 Metode Penelitian :

Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan penelitian ilmiah ini adalah menggunakan pendekatan metode SDLC (Software Development Life Cycle) yang diutarakan oleh McLeod pada tahun 2007.

Fase identifikasi, pada fase ini adalah mengidentifikasi masalah yang ada, yaitu melihat bagaimana menyalurkan informasi kepada para pembaca secara efisien.

Fase analisis, pada fase ini penulis mengumpulkan, membaca dan mempelajari buku-buku yang berkaitan dengan pembuatan web database. Mempelajari tentang bahasa pemrograman php, sql dan Gimp. Selain itu, penulis juga mencari bahan dan materi dari internet yang berhubungan dan mendukung penyusunan penulisan ilmiah ini.

Fase perancangan, pada fase ini ialah merancang tampilan web, yaitu tampilan halaman awal web, tampilan input dan output program, kemudian merancang struktur navigasinya.

Fase uji coba, Penulis melakukan uji coba terhadap rancangan aplikasi tersebut kepada para beberapa user, agar mendapatkan masukan atau kekurangan dari pengujian awal. Uji coba dilakukan untuk melihat perkembangan terakhir dari aplikasi yang dibuat.

Fase Implementasi fase ini mengimplementasikan seluruh rancangan yang telah dibuat dalam fase perancangan yaitu membuat program dengan tampilan yang menarik.


1.5 Sistimatika Penulisan :

Penulis menyajikan penulisan dalam 4 bab. Masing-masing bab terdiri dari beberapa Sub Bab. Adapun sistematika penulisan tersebut adalah sebagai berikut :

Bab I, merupakan bagian pendahuluan yang memuat latar belakang, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian dan sistematika penulisan.

Bab II, merupakan bagian landasan teori. Menjelaskan tentang bahasan mengenai web database serta module atau aplikasi yang mendukung dalam pembuatan web database ini seperti Code Igniter, Gimp 2.6, dan phpMyAdmin.

Bab III, merupakan bagian gambaran umum perusahaan yang menjelaskan secara singkat mengenai majalah yang menjadi tempat kerja praktek penulis.

Bab IV, merupakan bagian analisis dan perancangan. Menjelaskan analisa yang terkait dengan penelitian yang dibuat, antara lain uraian tahapan pembuatan penelitian sampai uji cobanya, struktur navigasi, dan design halaman.

Bab V, merupakan bagian Penutup. Berisi tentang kesimpulan dari hasil penelitian dan saran – saran yang ditujukan kepada pihak – pihak terkait, sehubungan dengan pengembangan penelitian.

0 komentar: