Minggu, 03 Oktober 2010

Coment Film I, Robot

Film I-Robot adalah film yang menceritakan Interaksi antara manusia dengan robot. Film ini menceritakan kondisi kehidupan di bumi pada tahun 2035. Dimana kehidupan pada masa itu sanagat menjadi hal yang lazim setiap orang mempunyai robot sebagai salah satu dari anggota keluarga mereka.

Robot (sonny) ini dibuat oleh seorang ilmuwan yang membuat robotnya dengan memiliki perbedaan dengan robot - robot lainnya, yaitu robot tersebut memiliki hati dan dapat menirukan ekpresi manusia, dan memiliki emosi layaknya seperti seorang manusia. Suatu ketika ilmuwan tersebut mati dan di duga kematiannya disebabkan karna bunuh diri, kasus ini di tangani oleh seorang detective bernama Spooner yang ditugaskan untuk mencari tahu siapa pelaku pembunuhan kematian ilmuan tersebut. Setelah di selidiki ternyata Ilmuan tersebut merasa terkekang dengan keadaan yg ada dan memberikan sebuah teka - teki kepada sang detective agar mencari tau maksud dari kematian tersebut. Para ilmuwan tidak ada yg mengakui kalau robot dapat membunuh sampai pada akhirnya terjadi sebuah konspirasi. Dimana seluruh robot yang ada di kota tersebut dikendalikan oleh sistim keamanan pusat yang disebut V.I.K.I yang memerintahkan mereka (NS-5) untuk menyerang manusia dan mengusai kota.

Dan kemudian sang detective mencoba menghentikan konspirasi tersebut dengan di bantu oleh robot (sonny) dan Dr Calvin. dengan cara menginjeksi "otak" utama dari V.I.K.I dengan menggunakan nanites. setelah di injeksi, sitim V.I.K.I hancur dan kendali atas seluruh robot (NS-5) hilang. Dan, konspirasi itupun usai.

Dari film tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa bahayanya jika sebuah system dan program di ambil alih oleh pihak lain yang memiliki tujuan lain . Sesempurna apapun sebuah system dengan pengamanan yang ketat tetap saja pasti memiliki celah dan dapat dirusak oleh pihak lain. Jadi kemajuan teknologi dapat di ambil sisi negative dan sisi positifnya.

0 komentar: