Senin, 18 Oktober 2010

Sistem Informasi untuk Keperluan Militer

Tema yang saya angkat dalam PI saya kelak berhubungan dengan dunia militer. Kenapa ? Karena, selama ini sistem yang ada pada kemiliteran kurang efektif dan kurang didukung oleh teknologi informasi yang memadai. Dengan kondisi anggaran militer yang pas-pasan (hehehe), saya sedang mencoba sebuah sistem yang efektif, sederhana, dan murah.

Sistem ini berupa sistem jaringan dan database yang akan saya coba terapkan mulai dari komando rayon militer yang terkecil di tiap wilayah. Sekedar informasi komando rayon militer atau yang disingkat KORAMIL kurang lebih sama fungsinya sama dengan kantor polisi. Bedanya, pos ini punya militer.

Jadi, setiap Koramil harus memiliki data digital mengenai personil prajuritnya yang akan dikumpulkan dalam suatu server pusat dan akan diolah untuk berbagai macam hal. Contohnya, pemindahtugasan, kenaikan dan penurunan jabatan, penggolongan gaji, dan arsip prestasi prajurit.


Untuk database, saya akan munggunakan gabungan antara Oracle dan java. Dimana fungsi dari java di gunakan untuk memempermudah interaksi User dan Sistim yang di gunakan. yang di harapkan dengan menggunakan sistim yang lebih teratur dan terperinci. Mempermudah oprasional TNI dalam menjaga keamanan negara.

Tidak lupa juga bahwa di setiap rayon militer akan di buat subrayon militer sebagai pusat data dari beberapa rayon di suatu lokasi. Kemudian, dari beberapa subrayon akan di buat rayon gabungan yang menjadi pusat pengumpulan. Dan berakhir dengan Rayon pusat, dimana data dari rayon gabungan di kumpulkan. Sehingga seluruh data dari anggota di berbagai penjuru terkumpul dan tersimpan serta terorganisir dengan baik.


0 komentar: